Pentingnya Domain Authority & Cara untuk Meningkatkannya

Pentingnya Domain Authority & Cara untuk Meningkatkannya

Ketika membuat website, kamu akan mengenal istilah domain authority (DA). Sebagai informasi, domain authority adalah tolak ukur yang digunakan untuk menunjukkan seberapa baik sebuah alamat domain suatu website.

Umumnya, DA memiliki rentang skor dari 1 hingga 100 di mana jika skornya semakin tinggi, maka semakin baik dan berpotensi tampil di halaman pertama mesin pencari.

Lantas, bagaimana cara meningkatkan skornya? Tidak perlu khawatir, Dewaweb sudah merangkum informasi lengkapnya pada artikel di bawah ini. Yuk cek sampai akhir!

Baca juga: 5+ Cara Mudah Cek Umur Domain, Website, dan Blog

Apa Itu Domain Authority?

Seperti yang sempat disinggung di paragraf awal, domain authority adalah suatu acuan bagi mesin pencari dalam memberikan peringkat terhadap suatu situs website.

Apabila kamu mendapatkan skor tinggi pada DA, itu menandakan bahwa mesin pencari akan merekomendasikan website kamu agar mampu berada di peringkat atas halaman mesin pencari.

Kendati demikian, mesin pencari akan memberikan peringkat atas pada suatu website dengan melihat beberapa faktor, di antaranya:

Baca juga: Expired Domain: Kelebihan, Cara Cek, dan Cara Membelinya

1. Usia Domain

Semakin lama keberadaan domain itu ada dan semakin aktif kegiatan yang terjadi pada suatu domain, akan semakin tinggi pula nilai DA dari domain itu. Sebab, usia domain menunjukkan konsistensi dari pengguna untuk mengelola domainnya.

Baca juga: Mengetahui Apa Itu Aged Domain dan Segudang Manfaatnya

2. Popularitas Domain

Selain usia domain, mesin pencari juga akan melihat dari faktor popularitas domain tersebut. 

Untuk mengetahui popularitas suatu domain, kamu dapat melihat jumlah link yang masuk melalui situs-situs berkualitas. Hal itu dapat disebut sebagai inbound link, yang berarti pemberian rekomendasi terhadap situs kamu (backlink).

Baca juga: Apa Itu Backlink? Pengertian, Manfaat, dan Cara Membuatnya

3. Ukuran Domain

Faktor terakhir yang perlu diperhatikan adalah ukuran domain. Sebagai informasi, ukuran domain yang dimaksud yakni banyaknya jumlah konten yang kamu publikasikan di website kamu.

Semakin banyak jumlah konten atau posting-nya, maka semakin besar pula ukuran domain kamu. Namun pastikan juga setiap kontenmu berkualitas baik.

Baca juga: Konten On-Site dan Off-Site untuk Menaikkan Peringkat Website di Google

Perbedaan DA dan PA

Selain domain authority, kamu juga perlu mengetahui istilah dari page authority atau PA. Jika dilihat dari namanya, kedua istilah ini memiliki pengertian yang cukup mirip.

Namun perlu diketahui, domain authority dan page authority merupakan dua istilah yang memiliki fungsi berbeda-beda. Lalu, apa perbedaan DA dan PA? Berikut informasinya.

Menurut MOZ, page authority adalah skor yang menunjukkan seberapa baik peringkat website yang dinilai melalui page pada website tersebut.

Cara kerja page authority pun mirip dengan domain authority, yang di mana skor yang lebih tinggi dianggap lebih berpotensi mendapat peringkat lebih baik.

Sederhananya, domain authority menjadi skor yang dilihat dari alamat domain suatu website, sementara page authority adalah skor yang dilihat dari page pada website tersebut.

Baca juga: Cara Cek DA PA Blog dan Website untuk Meningkatkan SEO

Bagaimana Cara Meningkatkan Domain Authority?

Usai mengetahui pengertian dan perbedaan domain authority dengan page authority, mari beralih untuk mengetahui cara-cara meningkatkan domain authority.

Sebagai informasi, ada banyak cara untuk meningkatkan domain authority, namun kali ini Dewaweb akan membagikan lima cara yang paling penting dan mendasar, di antaranya:

1. Buat konten berkualitas

Untuk membuat konten yang berkualitas, tentunya kamu perlu riset mendalam dan menyeluruh akan bidang yang ingin kamu bahas atau geluti lewat website atau blog kamu.

Selain itu, cobalah untuk lebih kreatif. Kamu perlu mengasah dirimu untuk berpikir di luar kebiasaan jika diperlukan agar konten kamu unik dan tentunya menjadi lebih menarik untuk dibaca terus oleh para pengunjung.

Kamu juga bisa menambahkan suatu detail informasi yang tidak didapati oleh situs lainnya mengenai suatu topik yang ingin kamu bahas untuk membuat konten kamu lebih unggul dari posting-posting dari website lain.

Baca Juga: Cara Membuat Konten Berkualitas dan Fakta tentang SEO

2. Tingkatkan on-page SEO

On-page SEO adalah faktor dari dalam yang dapat kamu maksimalkan melalui optimasi website. On-page SEO meliputi kualitas konten, kecepatan website saat diakses, mobile-friendly, deskripsi meta, dan lain sebagainya.

Mengenai On Page SEO ini, intinya kamu perlu menguasai hal-hal yang berkaitan dengan SEO secara mendalam dan melakukan trial and error agar kamu dapat menentukan apakah suatu cara dapat dinyatakan efektif atau tidak.

Baca Juga: Panduan Belajar Search Engine Optimization (SEO) untuk Pemula

3. Membangun link

Kamu bisa membangun DA dengan mengelola link. Cobalah sesering mungkin memasukkan link halaman lain dari situs kamu ke halaman yang sedang kamu buat sekarang.

Contohnya adalah seperti pada artikel ini, yaitu pada bagian “Baca Juga”. Cara ini juga dapat meningkatkan page rank kamu di halaman hasil pencarian.

Baca juga: Link Building SEO: Panduan Terlengkap untuk Pemula

4. Melakukan strategi melalui media sosial

Manfaatkanlah seluruh media sosial utama kamu untuk memuat alamat situs kamu di profil atau membagikan artikel atau laman dari situs kamu.

Bagi para pebisnis, untuk melakukan posting yang juga berupa kampanye produk, kamu bisa menentukan jam tertentu yang relevan dengan posting kamu. Misalnya, kamu ingin membagikan sebuah artikel mengenai produk makanan.

Akan lebih tepat atau efektif tentunya jika kamu memberikannya pada saat menjelang jam makan di siang hari atau makan di malam hari.

Baca juga: Website Marketing Bisa Bantu Bisnis Kamu, Ini Strateginya!

5. Branding

Ada banyak strategi branding yang dapat kamu lakukan baik secara online maupun offline. Seperti yang telah disebutkan di poin sebelumnya soal media sosial, kamu dapat pula memanfaatkannya untuk branding. Kemudian, secara offline kamu dapat membuat acara atau interaksi secara langsung.

Contoh saja forum-forum diskusi semacam Kaskus yang sering melakukan acara “Kopdar”. Kamu dapat pula melaksanakan training atau seminar yang berbayar atau cuma-cuma baik bagi pelanggan maupun orang umum.

Baca juga: Pentingnya Digital Branding untuk Kesuksesan Bisnis Online

Jadi, Domain Authority adalah…

Domain authority adalah suatu tolok ukur (1–100) seberapa kredibelnya website kamu di mata mesin pencari. Semakin tinggi skor DA maka semakin berpeluang berperingkat tinggi di mesin pencari.

Adapun beberapa tips yang perlu kamu ingat, salah satunya adalah konsisten membahas suatu topik. Hal ini karena mesin pencari nantinya melihat bahwa websitemu memang spesialisasinya pada topik tersebut sehingga akan lebih kredibel untuk menjadi bahan bacaan.

Setelah membaca artikel ini hingga tuntas tentunya kamu semakin mengerti tentang apa itu DA, bukan? Kamu juga dapat membaca artikel informatif lainnya di blog Dewaweb. Salam sukses!